Wednesday, April 22, 2009

Refleksi akhir tahun

Selamat malam buton
Selamat malam Indonesia
Selamat malam dunia

Malam ini kupilih lagu yang ingin kudengar … ku ingin sairnya membahana dikamar ini hingga tak terdengar sayup-sayup. Malam ini tentu diluar sana telah ada banyak orang dengan berbagai macam trompet, aneh-aneh dan lucu bentuknya, siap berpesta menunggu pergantian tahun. Langit yang masih gelap tidak akan menunda semua keinginan orang untuk turun merayakan pergantian malam ini.

Malam ini ..........
ingin kuhabiskan dengan hanya ditemani lilin. Ada perasaan tersendiri saat terangnya cahaya lampu tergantikan olehnya. Ia memiliki makna tersendiri. Makna yang begitu terasa kuat… lihatlah ia kuat menahan terpaan angin. Sesekali redup dan lalu kembali menyala…

Mengapa malam ini mesti terasa berbeda dibanding malam sebelumnya. Mengapa malam ini begitu diagungkan disini, disana dan diseluruh dunia. Bukankah hari ini terasa menyebalkan karena seharian hujan tak juga mau reda. Bukankah sepanjang hari kita telah banyak disibukkan oleh tetebengek official business. Tapi tetap saja malam ini punya makna unik.

Dari balik jendela kamarku, dari tempatku duduk menulis, jelas terlihat awan pekat seolah tak tahan lagi tuk menurunkan hujan. Mengapa disaat pergantian tahun begini, justru alam menjadi tak ramah?

Setahun telah berlalu.. panas.. hujan telah terasa. Begitu pun jua terik dan gelap. Ada banyak yang bisa dirangkum dari semua.

Akan seperti apakah hidup kedepannya? Peristiwa apa lagi yang akan menanti? Kawan seperti apa lagi yang kan kutemui? Orang seperti lagi yang akan berada di garis atas? Apa…. dan bagaimana?

Semua adalah misteri. Orang beradab dan beragama menyebutnya takdir, sebuah misteri Illahi.

Apapun itu dan bagaimanapun nantinya……Lilin dihadapanku kini mungkin contoh terbaik… akan ada banyak angin yang kan slu meredupkannya. Fenomena yang tak terelakan dalam hidup ini. Tapi lihatlah ia tetap tegar tuk dapat kembali bersinar. Meski pelan tapi pasti, memberi sinar yang membuatku bisa kembali menikmati cahayanya, hingga jelas nampak apa disekelilingnya. Bahkan kehangatan dalam dinginnya malam begini juga diberikannya. Dan aku sungguh menikmati keindahannya dan aku bersyukur untuk itu.

S`lamat tahun baru
Terkhusus untukmu kekasihku.




No comments: